Polres Lotim dan Polsek Selong LakukanPengamanan Pelepasan Calon Jamaah Haji Keloter Pertama

  • Bagikan

Qwicknews.com – Personel Polres Lombok Timur (Lotim) dan Polsek Selong melakukan pengamanan dalam acara pelepasan calon jamaah haji keloter pertama oleh Kantor Kementerian Agama lotim-lantik-puluhan-pejabat/">Kabupaten Lombok Timur. (15/05/24), pukul 05.22 Wita.

Iptu Abdul Hadi selaku Kapolsek setempat menerangkan; kegiatan tersebut berlangsung di di Masjid Agung Al Mujahidin Selong.

Sebanyak 388 calon jamaah haji dan 5 petugas haji dari Lombok Timur diberangkatkan menuju Asrama Haji Loang Balok, Mataram, dengan menggunakan sembilan bus. Acara pelepasan ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting, antara lain Pj. Bupati Lotim Drs. H.M. Juaini Taofik, M.AP., Plt. Kepala Kantor Kemenag Kab. Lotim H. Shulhi, S.Pd., serta Kapolres Lotim yang diwakili oleh Kapolsek Selong, Iptu Abdul Hadi, S.H.

Dalam sambutannya, perwakilan Kemenag Kab. Lotim menjelaskan bahwa keberangkatan calon jamaah haji tahun ini memiliki beberapa perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai edaran Dirjen PHU, pihak embarkasi akan menerapkan One Stop Service atau Pelayanan Satu Atap. Paspor, boarding pass, dan uang real akan dibagikan kepada calon jamaah haji setelah tiba di asrama haji dan akan diberikan ketika mereka tiba di Arab Saudi.

Plt. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lotim juga menyampaikan bahwa pada tahun 2024 ini, jumlah calon jamaah haji dari Lotim mencapai 1.145 orang yang terbagi dalam lima kelompok terbang (keloter), dengan rincian tiga keloter utuh dan dua campuran.

Pj. Bupati Lotim, Drs. H.M. Juaini Taofik, M.AP., dalam sambutannya mengatakan bahwa waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Beliau mengajak jamaah haji dan keluarga untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan, mengingat antrian haji yang sangat panjang hingga tahun 2038. Beliau juga mengingatkan agar para jamaah fokus pada ibadah haji dan bukan berekreasi, serta mengurangi keluhan dan menerima ujian dengan lapang dada sebagai bentuk kesempurnaan haji. Tagline haji tahun 2024 adalah ramah terhadap lansia dan disabilitas, sehingga jamaah diharapkan mendahulukan disabilitas dalam antrian dan fasilitas lainnya. Beliau juga mengingatkan untuk mengikuti arahan dan panduan yang telah diberikan selama manasik.

Acara pemberangkatan ini mendapatkan pengamanan terbuka dan tertutup dari Polsek Selong dan Sat Samapta Polres Lotim serta pengawalan dari Sat Lantas Polres Lotim untuk memastikan keamanan dan kelancaran perjalanan calon jamaah haji menuju asrama haji di Mataram.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *